Oleh : Imam Mukti
Dengan munculnya Manajemen Publik Baru
tahun 1980 dan 1990-an, ide kepentingan publik yang didasarkan pada nilai-nilai
bersama kehilangan kekinian dan relevansinya. Seperti dinyatakan sebelumnya,
Manajemen Publik Baru diberi predikat sebagai gagasan yang menyatakan bahwa
pemerintah harus menciptakan arena pilihan seperti pasar di mana individu
sebagai konsumen dapat membuat keputusan didasarkan pada kepentingan mereka
sendiri. Dalam peran konsumen, orang tidak perlu memfokuskan pada keinginan
dari para konsumennya. Ketika kita mulai berpikir mengenai penduduk sebagai
individu yang sama dengan konsumen, dan pemerintah sama dengan pasar, kebutuhan
untuk berbicara atau bertindak pada “kepentingan publik” akan lenyap.
Dalam hal ini, pertanyaan-pertanyaan
mengenai tanggung jawab administratif yang terkait dengan kepentingan publik dianggap
tidak relevan dengan Manajemen Publik Baru. Para ahli pilihan publik, misalnya,
akan menolak bahwa “kepentingan publik” tersebut sebagai sebuah konsep atau
ideal akan sangat bermakna, dan akan mempertanyakan apakah kepentingan publik
itu benar-benar ada. Penalaran mereka adalah bahwa pilihan-pilihan individu
dalam sebuah arena seperti pasar akan lebih superior dibandingkan tindakan
kolektif yang didasarkan pada nilai-nilai bersama. Karena kebergantungannya
pada metafora pasar, dan asumsi bahwa kepentingan sendiri merupakan dasar utama
dan yang paling tepat dalam pembuatan keputusan, kepentingan publik bersama
akan menjadi tidak relevan dan kemustahilan definisional. Perspektif mereka
mengenai kepentingan publik akan secara jelas didefinisikan oleh abolitionist.
Seperti yang dijelaskan oleh Stone
(1997), ketika masyarakat dilihat sebagai pasar, maka diyakini bahwa orang
memiliki pilihan yang relatif pasti dan independen bagi barang, layanan dan
kebijakan (9). Sehingga model pasar tidak memberi jalan kepada kita untuk
berbicara mengenai bagaimana orang meraih visinya dari kepentingan publik atau
sifat dari komunitas – pertanyaan-pertanyaan politik sangat signifikan yang
mendasari pilihan-pilihan kebijakan. Orang dianggap sebagai hakim terbaik dari
kepentingan mereka sendiri. Kepentingan publik jika memang ada merupakan produk
dari penduduk (sebagai konsumen) yang membuat pilihan-pilihan individu dalam
sebuah area seperti pasar.
Baru-baru ini, sebuah pandangan
bersama mengenai kepentingan publik dilingkupi oleh kemunculan Manajemen Publik
Baru. Menurut Trudi Miller (1989), negasi konsep kepentingan publik bersama
dengan kebergantungan terhadap model pilihan pasar dan model politik pluralis
memiliki dampak yang jauh dan merusak bagi pemerintahan demokratis dan bidang
administrasi publik. Faktanya dia menyatakan bahwa pada tingkatan keterikatan
pegawai negeri dengan pandangan politik pluralis, mereka memberikan kontribusi
dalam melemahkan dan merusak demokrasi liberal. Dalam demokrasi liberal,
lembaga pemerintah merespons terhadap “pandangan populer bersama dari
kepentingan publik [dan pada waktu yang bersamaan menghormati kebebasan yang
berada di luar jangkauan pemerintah] dan “menghambat usaha-usaha oleh fraksi
sempit untuk memaksakan dan mengenakan pajak publik dengan alasan-alasan yang
tidak sesuai dengan kepentingan publik”.
Miller kemudian menyatakan bahwa
kemunculan model politik pluralis memutar demokrasi liberal “pada kepalanya”
dengan membuat “pandangan bersama dari kepentingan publik menjadi tidak
bermakna dan tidak penting” dan menegasikan nilai-nilai yang membentuk fondasi
demorasi” (1989,511). Dalam model pluralis, demokrasi merespons terhadap
pengaruh dari kepentingan khusus, tetapi tidak merespons atau menyadari
nilai-nilai bersama dari kepentingan publik. Dengan kata lain, menurutnya
pemerintah dalam model pluralis “tidak merespons terhadap apa yang diharapkan
oleh penduduk secara kolektif”. Pemerintah menggantikan keinginan dari koalisi
pemenang kepentingan-kepentingan khusus.
0 komentar:
Post a Comment