Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

loading...

Tuesday, June 12, 2012

Setiap Muslim Adalah Politis

Di dalam Islam, proses pembelajaran pertama kali dikaitkan bukan dengan alam dan lingkungan masyarakat, tetapi dengan Alloh Maha Pencipta. Sebagaimana bunyi wahyu pertama yang turun kepada nabi Muhammad saw, yang artinya : “ Bacalah (Wahai Muhammad) dengan nama Tuhanmu yang Maha mencipta. Ia mencipta manusia dari segumpal darah. Bacalah atas nama Tuhanmu yang mulia. Yang mengajarkan manusia dari apa-apa yang belum diketahuinya “ ( QS. Al’Alaq : 1-5 ). Karena itulah dalam konteks Islam, ketika kata pendidikan dan pengajaran dinisbahkan dengan obyek apapun, ia haruslah untuk tujuan kesucian itu sendiri. Ia harus untuk tujuan pemuliaan agama. Termasuk ketika pendidikan tersebut dikaitkan dengan politik. Hasan Langgulung (1986) mendefinisikan pendidikan dari aspek Islam adalah segala usaha untuk membentuk watak manusia sebagai khalifah di bumi. Maka jika kita menggunakan defenisi ini’ pendidikan politik dalam Islam, adalah dalam rangka untuk mensukseskan manusia dalam fungsinya sebagai khalifah Alloh di muka bumi ini.
Defenisi kekuasaan yang erat dengan politik’ dalam Islam dilakukan untuk tujuan iabadah daiatas, sejalan dengan apa yang diungkapkan Khalifah Utsman bin Affan,  ketika ia memuliakan peran penguasa yang dengannya rakyat bisa dipaksa untuk patuh kepada Al-Qur’an. “ sesungguhnya Alloh dapat mencegah (pelanggaran manusia) dengan perantaraan penguasa, apa yang tak dapat dicegahnya dengan peringatan Al-qur’an”.
Jika demikian halnya maka pendidikan politik dalam Islam tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan integralitas Isalam itu sendiri. Sebagaimana aspek apapun dalam hidup (termasuk politik) telah menjadi bagian integral dari Islam. Pendidkan politik mestilah terkait erat dengan pembentuakan aqidah, pemahaman syariah,  mu’amalah’ akhlaq sebagai hamba Alloh, yang mempunyai tangung jawab untuk membangunkan diri’ keluarga’ masyarakat’ negara’ dunia dan jagad raya, kearah mencapai kebaikan (al-falah) di dunia’ kesejahteraan abadi dan mendapatkan keridhoan Alloh di akhirat.

Setiap Muslim Adalah Politis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Imam Mukti

0 komentar:

Post a Comment