Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Sunday, June 10, 2012

QUO VADIS DEMOKRASI DITENGAH ARUS KEPENTINGAN ELIT

Memahami demokrasi memang tak sekedar dari, oleh dan untuk rakyat, namun demokrasi sudah menjadi persoalan sejagat ummat manusia (Frnacis Fukuyama). sehingga dengan demikian demokrasi bukan tidak mungkin melahirkan tata kelolah pemerintahan yang baik dan berpihak kepada kepentingan rakyat, namun realitasnya demokrasi sebagai sistem juga menyisakan banyak duka politik (Violence democratic) yang berujung pada kekerasan horizontal. Keabsahan demokrasi kelihatannya disetujui oleh sebagian orang alih-alih demi kepentingan rakyat. demokrasi dalam kerangka politik nasional telah mengalami perjalanan panjang.
Demokrasi terpimpin, demokrasi pancasila, transisi demokrasi, sampai pada pergulatan pemikiran seputar demokrasi substansial, prosedural dan deliberatif. Tentunya membangun bangsa ini tidak cukup dengan kekuatan ideologi dan pergulatan pemikiran semata, namun dibutuhkan aksi-aksi sosial yang didalamnya ada ajaran demokrasi yang berbasis budaya dan kerakyatan. Sehingga dengan begitu masyarakat tidak lagi harus bertanya kemana arah demokrasi dan bangsa ini.
Lebih dari setengah abad bangsa ini menerima pengakuan kedaulatan sebagai negara merdeka, sehingga di butuhkan sosok negarawan yang mampu menterjemahkan nilai-nilai kerakyatan (Bung Hatta), serta punya atensi dan political will demi mewujudkan tatanan demokrasi yang berpihak pada kepentingan rakyat.

QUO VADIS DEMOKRASI DITENGAH ARUS KEPENTINGAN ELIT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Imam Mukti

0 komentar:

Post a Comment