Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

loading...

Monday, March 19, 2012

BERBAGAI PENDEKATAN DALAM FILSAFAT ILMU

Untuk mengenalkan berbagai wawasan ada dua alternatif yang dapat diketengahkan, yaitu: memperkenalkan aliran-aliran dominan dalarn filsafat i.lmu atau memperkenalkan berbagai pendekatan yang kini menonjol dalam pengembangan ilmu. Berpegang pada aliran-aliran penulis khawatir fungsi telaah berubah menjadi harus menjelaskan tuntas tentang sesuatu aliran. Agar studi filsafat ilmu tidak menjadi historis melainkan  sistematis sekaligus fungsional, maka penulis tempuh jalan lain. Dengan memperkenalkan berbagai pendekatan yang kini menonjol digunakan orang dalarn pengembangan ilmu, kita dapat lebih selektiffungsional memilih materi telaah yang akan membantu berkembangnya kemampuan memahami. memodifikasi, dan membangun teori-teori ilmiah. Atas alasan sama, yaitu agar telaah buku ini tidak menjadi studi historis, maka cara memilih pendekatan vane menonjol dalam filsafat ilmu vane dihekalkan kepada para mahasiswa ditempuh  dengan cara mencermati tampilan mu'takhir.
Pendekatan pertama yang dipilih adalah received view, yang secara klasik bertumnu pada aliran positivisme.. Tokoh mu'takhir received adalah: Carnap & Hempel; tokoh-tokoh sebelumnya: Reichenbach. Bergman, dan Duhen. Tokoh positivisme klasiknya: August Comte
Pendekatan kedua menampilkan diri dalam sosok rationat dengan tokoh-tokohnya Lakatos dan Shapere. Di Jermarrtampil dengan nama postpositivism. Aliran ini berupaya membuat kombinasi antara berfikir empirik dengan berfikir struktural dalam matematika.
Pendekatan ketiga adalah yang berbagai pendekatan yang landasan klasiknya terwadahi dalam pendekatan phenomenologik, dengan tokoh
klasiknya:  Edmund Husserl.  Sedangkan tokoh implementasi metodologiknya adalah Strauss Glaser, Bogdan, Guba. dan Blamer Khusus di lingkungan sastra penganut phenomenologik• kita jumpai pada penganut strukturalisme sosial, semantik, dan dekonstruksi.
Pendekatan keempat yang dipilih adalah realisme metaphisik. v ang menggunakan weltanschauung approach. Tokohnva sekarang adalah Feyerabend, Toulmin, Kuhn, dan Hanson. Sedangkan tokoh perintisnya adalah Popper.
Pragmatisme memang buka,i pendekatan, tetapi menarik disajikan Tokohnya  Peirce, James, dan Dewey. Tokoh kini adalah   Dalmay. McCarthay, Rorty, Ricouer, dan Carey.

BERBAGAI PENDEKATAN DALAM FILSAFAT ILMU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Imam Mukti

1 komentar:

  1. terimakasih, tulisannya berguna, jika ada waktu, silahkan kunjungi juga blog kami www.ilmusepintas.ga

    ReplyDelete