Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Sunday, January 22, 2012

TUNTUTAN ERA GLOBALISASI

Kemajuan zaman telah menggiring manusia untuk mampu berkompetensi dan senantiasa meningkatkan kualitasnya demi menghadapi berbagai tantangan kehidupan, terlebih lagi jika manusia telah menginjakkan kaki dalam era globalisasi yang menuntut profesionalisme.
Globalisasi adalah sebuah cara pandang atau sebuah proses masuk ke ruang lingkup yang bersifat mendunia, hal ini terjadi karena berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK) yang mengalami perkembangan cukup pesat .
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus mengalami perkembangan yang pesat adalah berada pada bidang informasi, komunikasi, dan transportasi. Oleh karenanya jika hal ini dihubungkan dengan profesi seorang guru sebagai tenaga pendidik, maka hal yang sangat mutlak harus dimiliki adalah kemampuannya untuk memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan teknologi agar proses pentransferan ilmu mampu secara optimal sampai kepada peserta didik dengan baik.
Dalam hal ini seorang guru dituntut sebagai pemberi fasilitas atau fasilitator bagi seluruh peserta didiknya. Berkenaan dengan hal ini, maka ada beberapa hal yang menjadi acuan seorang guru untuk menghadapi tuntutan ini, yaitu :
  • Mampu mengakses data melalui media misalnya internet.
  • Memiliki fasilitas mengajar yang memadai
  • Tidak ketinggalan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam artian harus senantiasa mengikuti perkembangan IPTEK.
  • Tidak ketinggalan informasi, olehnya itu seorang guru harus senantiasa mencari informasi lewat berbagai media, misalnya radio, TV, majalah, koran, internet, buku bacaan, dsb.
Guru sebagai mediator terhadap peserta didiknya mesti memiliki daya saing yang selalu mengikuti alur zaman agar tidak salah dalam memberikan informasi dan mampu menyaring informasi kepada peserta didiknya.
Era globalisasi sangat besar pengaruhnya terhadap perubahan sebuah masyarakat, karena begitu mudahnya mengakses informasi dan sasaran yang sering menyalahgunakan informasi yang ditemukan adalah kalangan usia sekolah. Olehnya itu mutlak bagi seorang guru pula untuk senantiasa mengembangkan wawasannya sehingga mampu menjadi penetralisir dan menjadi penunjuk jalan yang lebih baik dalam rangka membantu mencapai tujuan bangsa dan Negara yang termaktup dalam Pembukaan UUD Tahun 1945 alinea keempat yang berbunyi “Mencerdaskan kehidupan bangsa”.

TUNTUTAN ERA GLOBALISASI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Realitas Sosial

0 komentar:

Post a Comment