Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Sunday, January 22, 2012

Macam-Macam Cara Berpikir

Dalam melihat atau memecahan masalah, orang dapat melihat masalah itu melalui beberapa cara :

·         Berpikir Induktif
Berpikir induktif ialah suatu proses dalam berpikir yang berlangsung dari khusus menuju kepada yang umum. Cara berpikir dilakukan dengan berusaha untuk mencari ciri-ciri atau sifat-sifat yang tertentu dari berbagai fenomena. Lalu menarik kesimpulan-kesimpulan bahwa ciri-ciri itu terdapat pada semua jenis fenomena tadi.
Tepat atau tidaknya kesimpulan (cara berpikir) yang diambil secara induktif ini terutama bergantung kepada refresentatif atau tidaknya sampel yang diambil yang mewakili fenomena keseluruhan. Makin besar jumlah sampel yang diambil berarti makin tinggi akurasi kesimpulan yang diperoleh. Dan makin besar pula taraf dapat dipercaya (validitas) dari kesimpulan itu, dan sebaliknya.
·         Berpikir Deduktif
Berbeda dengan berpikir induktif, maka berpikir deduktif prosesnya berlangsung dari yang umum menuju khusus. Dalam cara berpikir ini, orang bertolak dari suatu teori ataupun prinsip ataupun kesimpulan yang dianggapnya benar dan sudah bersifat umum. Begitulah cara penerapannya kepada fenomena-fenomena yang khusus, dan mengambil kesimpulan khusus yang berlaku bagi fenomena tersebut.
·         Berpikir Analogis
Analogi berarti persamaan atau perbandingan. Berpikir analogis ialah berpikir dengan jalan menyamakan atau memperbandingkan fenomena-fenomena yang biasa atau pernah dialami. Di dalam cara berpikir ini, orang beranggapan bahwa kebenaran dari fenomena-fenomena yang pernah dialaminya berlaku pula bagi fenomena yang dihadapi sekarang.
Kesimpulan yang diambil dari berpikir analogis ini kebenarannya lebih kurang dapat dipercaya. Kebenarannya ditentukan oleh faktor “kebetulan” dan bukan berdasarkan perhitungan yang tepat. Dengan kata lain, validitas kebenarannya sangat rendah.
Berpikir adalah kecapakan dalam menggunakan metode-metode menyelesaikan masalah yang dihadapi. Anak harus diajar berpikir dengan baik. Agar anak dapat berpikir dengan baik, kita perlu memberikan :
  • Pengetahuan siap : yakni pengetahuan pasti yang sewaktu-waktu siap untuk dapat dipergunakan seperti hafal tentang abjad, perkalian dan sebagainya.
  • Pengertian yang berisi, yang mengandung arti (tidak verbalistik) dan benar-benar mengerti oleh anak-anak.
  • Melatih kecakapan membentuk skema, yang memungkinkan berpikir secara teratur dan skematis.

Macam-Macam Cara Berpikir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Realitas Sosial

0 komentar:

Post a Comment