Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Tuesday, January 31, 2012

SEJARAH KEKUASAAN WILAYAH PUSAT UJUNG PANDANG (FORT ROTTERDHAM 1653-1932)

A. PEMERINTAHAN ISLAM

Pemerintahan islam pada tahun 1653 telah berdiri kokoh sejak ditemukannya makam-makam islam di ujung pandang dapat dilihat (makam islam raja tallo-raja gowa), pada masa kekuasaan wilayah ujung pandang pemerintahan islam berjalan lancar dikarenakan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada. pemerintahan islam berjalan dengan sistem pemerintahan islam yang juga sesungguhnya baik secara mekanisme dan sistem perputaran roda pemerintahan islam yang dianut pada zaman itu. pemerintahan islam pada tahun 1653 bersifat pemerintahan yang berpendidikan terhadap kitab suci dan sunnah. pemerintahan yang adil dan bijaksana sebagai dalil bahwa kerajaan islam mengutamakan pemerintahan terhadap seluruh rakyat (penduduk) yang berada dan berdomisili di sekitar wilayah pemerintahan islam, pemerintahan jujur dan transparansi sebagai landasan pemerintahan agar seluruh rakyat, penduduk dan keturunan kerajaan yang diketahui sebagai penguasa tertinggi terhadap suatu wilayah kekuasaan pemerintahan islam. bentuk pemerintahan yang mengutamakan rakyat adalah dasar pemerintahan demokrasi (Tunggal). pemerintahan ekonomi islam sebagai wujud perputaran ekonomi yang merata, seimbang, dan sesuai hasil keringat yang diproduksi oleh setiap kepala keluarga. pemerintahan yang terdidik terhadap kitab suci dan al sunnah yaitu sebagai pemerintahan islam yang mengutamakan ajaran al qur'an dan al sunnah.
B. KERAJAAN
1>. ISLAM
Kerajaan islam pada waktu itu adalah kerajaan islam, Kerajaan Islam ANDI, dan Kerajaan Islam DAENG, bersamaan adanya kerajaan yang menguasai suatu wilayah merupakan bentuk kerajaan ISLAM pada tahun 1653-1932 Masehi. bentuk kerajaan pada masa itu dipimpin oleh seorang raja yang menganut secara Islam.
2>. ANDI
kerajaan islam ANDI pada tahun 1653-1932, sebagai kerajaan yang berasal dari keturunan bugis atau secara bahasa melayu adalah keturunan ningrat di selat sulawesi. kerajaan Islam ANDI adalah kerajaan yang pertama terbentuk secara kerajaan islam di selat sulawesi dengan gelaran islam ANDI. sebagaimana para keturunan kerajaan islam ANDI yang terdapat di seluruh wilayah Ujung Pandang Pada Tahun 1653-1932 Masehi.
3>. DAENG
kerajaan islam DAENG pada tahun 1653-1932. adalah kerajaan yang tertua dan pertama di selat sulawesi setelah ditemukannya beberapa tempat keturunan kerajaan islam DAENG di selat sulawesi sebagai kerajaan yang besar dan terkuat pada masanya di Ujung Pandang.
C. POLITIK
pada masa keemasan dan kemakmuran kekuasaan kerajaan islam yang berkedudukan di Ujung Pandang pada tahun 1653-1932, sebagai bukti bahwa adanya perpolitikan yang cukup luar biasa terhadap sistem pemerintahan islam. pada waktu itu perpolitikan terhadap ekonomi, pemerintahan, keturunan para ningrat (darah Biru) telah berjalan dengan dimulainnya pergolakan politik di Ujung Pandang secara sistematis dan murni tanpa paksaaan dan intervensi dari luar kerajaan & pemerintahan Islam.
D. PERDAGANGAN (Pasar Bebas)
sejak didirikannya benteng Ujung Pandang Pada zaman kerajaan Islam dan pemerintahan kolonial belanda pada saat itu pula rakyat indonesia (selat sulawesi) mengalami zaman perdagangan antara pemerintahan kolonial belanda, penganut agama islam, pedagang cina, Jepang, dan para saudagar dari beberapa daerah (propinsi/Kabupaten) ANDI dan DAENG yang ada di seluruh selat sulawesi. pada zaman pemerintahan kerajaan islam diselat sulawesi telah dikenal pada silsilah setiap pemangku kerajaan yaitu kerajaan islam tertua berada di ujung pandang. berhubungan dengan sistem perdagangan (pasar Bebas) di selat sulawesi dengan hasil sumber daya alam yang menjadi incaran oleh para saudagar telah dikuasai oleh pemerintahan kolonial.
E. KEPENDUDUKAN
pada tahun kekuasaan kerajaan islam di Ujung pandang telah diketahui sebanyak 4.000 juta jiwa populasi, dapat dilihat pada pertumbuhan penduduk pada kerajaan islam ANDI & DAENG dalam sejarah kerajaan dan pemerintahan islam di Ujung Pandang dan seluruh selat sulawesi. kependudukan pada tahun 1653-1932 di ujung pandang secara geografis dan demografis telah dikatakan sebagai angka terlebar dan terbanyak adalah 40 Km2 & petani sawah sejak pemerintahan di Ujung Pandang.
F. EKONOMI
Ekonomi sejak berjalannya pemerintahan islam di Ujung Pandang, dan perputaran ekonomi di setiap sektor memang diakui bahwa perputaran ekonomi pada pemerintahan kerajaan Islam ANDI & DAENG sangat cepat dan berkembang pesat oleh sstematis perputaran ekonomi rakyat.

SEJARAH KEKUASAAN WILAYAH PUSAT UJUNG PANDANG (FORT ROTTERDHAM 1653-1932) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Realitas Sosial

0 komentar:

Post a Comment