Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Friday, January 20, 2012

Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Guru adalah salah satu komponen dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha  pembentukan sumber daya yang unggul Dalam arti bahwa dalam setiap guru  terletak tanggung jawab untuk membawa siswa  pada suatu taraf kematangan tertentu.  Guru  memiliki peran yang  sangat  penting dalam pembentukan kualitas dan kuantitas pengajaran yang dilaksanakannya. Oleh  sebab  itu  guru  harus  memikirkan  dan  membuat  perencanaan  secara seksama dalam meningkatkan  kesempatan belajar siswa dan memperbaiki kualitas pengajaran.
Guru  dalam  proses  belajar  mengajar  harus  memiliki  kemampuan tersendiri  guna mencapai harapan yang dicita-citakan   dala melaksanakan pendidikan  pada  umumnya  dan  proses  belajar  mengajar  pada  khususnya. Mengajar bukan sekedar proses menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan mengandun makn yan lebi luas,   yakni   terjadiny proses   interaksi manusiawi dengan aspeknya yang cukup komplek.
Dari keseluruhan proses pendidikan diharapkan mampu menyumbangkan dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Dengan peningkatan  mutu pendidikan maka masyarakat akan tumbuh berkembang dari  masyarakat  primiti menuju  kearah  masyarakat  modern.  Berkaitan dengahal tersebut, negara  Republik Indonesia dalam pelaksanaan pembangunan nasional sangat dibutuhkan manusia-manusia yang berkualitas. Adapun untuk menuju manusia-manusia yang berkualitas tersebut, salah satu cara yang harus ditempuh adalah peningkatan mutu pendidikan.
Belajar merupakan proses perubahan perilaku individu yang bersifat menetap dan merupakan hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya. Pembelajaran merupakan proses komunikasi transaksional timbal balik antar siswa dengan guru, siswa dengan siswa, siswa dengan sumber belajar, pada lingkungan belajar tertentu untuk sasran tertentu. Tiga tujuan belajar adalah :
1.      Mempelajari ketrampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pelajaran secara spesifik.
2.      Mengembangkan kemampuan konseptual umum, mampu menerapkan konsep yang sama atau berkaitan dengan bidang lain.
3.      Mengembangkan kemampuan dan sikap pribadi yang secara mudah dapat digunakan dalam segala tindakan kita.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka belajar harus efektif, yaitu menyenangkan dan bermakna. Karena itu perlu dikembangkan pendekatan-pendekatan pembelajaran, model-model pembelajaran dan metode- metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada peserta didik secara optimal sehingga seluruh potensi peserta didik dapat digali sehingga berguna dirinya, masyarakatnya dan bangsanya (memenuhi tujuan Pendidikan Nasional).
Dari berbagai macam metode mengajar yang ada, perlu diketahui bahwa tidak ada satu metode pun yang dianggap paling baik diantara metode-metode yang lain. Tiap metode mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing masing. Suatu metode mungkin baik untuk suatu tujuan tertentu, pokok bahasan maupun situasi dan kondisi tertentu, tetapi mungkin tidak tepat untuk situasi yang lain. Demikian pula suatu metode yang dianggap baik untuk suatu pokok bahasan yang disampaikan oleh guru tertentu, kadang-kadang belum tentu berhasil dibawakan oleh guru lain.

Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Realitas Sosial

0 komentar:

Post a Comment