Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

loading...

Tuesday, November 6, 2012

SAMBUTAN KETUA PENGURUS YAYASAN AL-AQSHA PADA ACARA WISUDA SARJANA UNIVERSITAS PANCASAKTI MAKASSAR 03 November 2012


Yang terhormat,
Saudara Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi
Saudara Rektor Universitas Pancasakti Makassar
Para sivitas akademika Universitas Pancasakti Makassar
Hadirin dan undangan yang berbahagia
Para Wisudawan/wati yang saya cintai dan banggakan.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur dan terima kasih kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhannahu Wata’ala, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal’afiat, guna menghadiri acara yang penting dan amat membahagiakan kita semua, yakni Acara Senat Terbuka Luar Biasa Universitas Pancasakti Makassar dengan acara tunggal Wisuda Sarjana tahun akademik 2011/2012. Acara yang kita selenggarakan ini dikemas sedemikian rupa guna menumbuhkan nuansa kebahagiaan sekaligus kebanggaan bagi kita semua.

Berkaitan dengan acara wisuda ini, khususnya kepada para wisudawan/wati, saya atas nama pribadi dan Badan Pengurus Yayasan Al-Aqsha Makassar menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah ditunjukkan sehingga kalian berhasil menyelesaikan studi secara baik dengan meraih gelar kesarjanaan dari  bidang keilmuan yang ada di lingkungan Universitas Pancasakti.

Tidak lupa, ucapan selamat juga saya sampaikan kepada seluruh keluarga, orang tua, orang tua asuh, dan wali atas kesuksesan yang diperoleh putra putri Bapak dan Ibu sekalian, karena prestasi yang mereka dapat itu tidaklah terlepas dari peran serta Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang sehari-harinya membimbing dan membina mereka di lingkungan keluarga.
   
Para Wisudawan/wati, undangan dan hadirin yang saya hormati
Marilah kita maknai acara Wisuda ini bukan hanya sebagai seremonial belaka tetapi sebagai petanda atas keberhasilan seseorang dalam meraih gelar akademik. Terlebih penting lagi wisuda ini harus menjadi momentum keberhasilan yang diperoleh para Wisudawan/wati ini sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya, di mana tugas dan tantangan yang harus dihadapi dan diatasi itu lebih berat dan komplek dibanding sebelumnya. Karena itu hendaknya disadari, bahwa keberhasilan yang dirayakan pada hari ini, tidak lain adalah awal dari perjalanan panjang saudara/i dalam mengarungi lautan karier ke depan yang sarat dengan tantangan.

Wisudawan/wati yang saya cintai,
Setelah meninggalkan dunia akademik, Saudara akan memasuki kehidupan bermasyarakat yang jauh lebih luas, sekaligus akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Menghadapi tantangan tersebut Saudara tidak boleh hanya mengandalkan pada ijasah belaka, tapi kompetensi dari perolehan ijasah tersebut harus terus dikembangkan melalui peningkatkan kemampuan dan ketrampilan diri secara lebih kreatif dan inovatif sebagaimana tuntutan kebutuhan dunia kerja, termasuk di dalamnya penguasaan informasi dan kemampuan berorganisasi. Selain itu saudara juga dituntut mempunyai kepribadian dan etika berkomunikasi yang baik, dan attitude merupakan salah satu pintu sukses masuk kedunia kerja.

Para Wisudawan/wati yang saya cintai
Dunia kerja yang akan anda hadapi di lapangan nanti adalah dunia yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang demikian ketat, sehingga kalian dituntut untuk berjuang dengan keras dan cerdas agar survive dalam persaingan tersebut. Janganlah pernah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan itu dengan berbekal ilmu pengetahuan, kebiasaan belajar, dan semangat yang telah kalian miliki. Kami percaya kalian semua dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan citacita, asalkan kalian juga harus memiliki kesiapan-kesiapan yang prima guna meraihnya  ”Jangan cepat berpuas diri” harus menjadi kata kunci yang senantiasa melekat di dalam sikap dan perilaku kalian sekarang ini, agar kalian terus termotivasi untuk belajar dan belajar terus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta tuntutan kerja.

Di era globalisasi dan keterbukaan seperti sekarang ini yang ditandai dengan perubahan-perubahan yang begitu cepat, dengan sendirinya menuntut kita untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut. Dalam dunia yang sarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi, diperlukan sumberdaya manusia kreatif, dinamis, yang handal baik dari segi kemampuan akademis, teknis, maupun keterampilan komunikasi interpersonal. Sumber daya manusia bercirikan seperti itulah yang kami yakini ada pada diri kalian semua, karena kalian sudah mampu melewati penggemblengan secara akademis maupun moral dan mental intelektualitas di kampus kebanggaan kita Universitas Pancasakti. Bermodalkan itu, kalian harus memberi kontribusi besar melalui karya gemilang dalam berkiprah di dalam negeri maupun di mancanegara. Bahkan bila memungkinkan kalian harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan semangat kewirausahaan. Harapan seperti itulah yang tentunya menjadi dambaan kita semua dalam rangka membangun dan memajukan bangsa dan negara ini.

Para wisudawan/wati yang saya banggakan.
Di sisi lain, perlu kalian sadari dan waspadai, bahwa di lapangan nanti kalian akan menemui suatu kenyataan atau fakta bahwa antara teori-teori yang kalian dapatkan selama mengikuti pelajaran di bangku kuliah dengan kondisi pekerjaan di lapangan, kadangkala berbeda. Itu merupakan suatu dinamika lapangan yang sulit dihindari. Apabila menghadapi hal seperti ini, kalian tidak usah bimbang ataupun ragu, tetapi kalian justru harus mampu beradaptasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan dalam dunia nyata di lapangan. Karena bagaimanapun kondisi nyata di lapangan pada dasarnya akan tetap dapat dilihat dari perspektif ilmu pengetahuan atau teori-teori sebagai rujukannya. Untuk itu, dalam kondisi seperti itu kalian dituntut agar tidak terlalu kaku dalam menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan, tetapi harus memiliki kekenyalan tertentu yang tetap mampu mengadopsi kondisi lapangan melalui pendekatan-pendekatan keilmuan sesuai yang anda bidangi. Dengan cara itu, Insya Allah kalian tidak akan menemui kesulitan yang berarti di lapangan atau dunia kerja nanti.

Undangan dan hadirin yang saya hormati
Menyikapi harapan masyarakat terhadap perguruan tinggi swasta, saya berharap Universitas Pancasakti secara konsisten terus meningkatkan kualitasnya. Peran Universitas Pancasakti tidak hanya memberikan proses pembelajaran kepada peserta didik saja akan tetapi saya berharap Universitas Pancasakti sebagai perguruan tinggi swasta, semakin dipercaya masyarakat, dengan menjalankan proses belajar mengajar secara taat asas sesuai dengan visi dan misinya, tidak hanya sesuai dengan sasaran mutunya saja akan tetapi harus dapat menunjukkan karya baktinya yang bisa dirasakan sesuai tuntutan dan kebutuhan yang berkembang di masyarakat.

Para Wisudawan/wati yang saya cintai.
Saya atas nama pribadi maupun Pengurus Yayasan Al-Aqsha Makassar menyampaikan penghargaan yang setinggi - tingginya dan ucapan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada Saudara Rektor                  Prof. Dr. H. Syahruddin Nawi, SH., MH  selaku pimpinan Universitas Pancasakti beserta jajarannya, yang telah mengerahkan tenaga dan pikirannya selama ini sehingga dapat menghasilkan Alumni yang mempunyai daya saing tinggi yang nantinya akan dapat membawa nama dan meningkatkan citra almamater Universitas Pancasakti. Mudah-mudahan Allah memberi kita petunjuk dan kekuatan sehingga kita mampu menjalani kehidupan sampai akhir hayat dengan jernih dan bersih. Kepada para wisudawan/wati kiranya perlu disadari bahwa iman dan ilmu itulah yang tidak bisa dijarah oleh siapapun dan kita membutuhkan kaum intelektual yang mau menerapkan iman dan ilmunya untuk kesejahteraan masyarakat. Akhirnya, saya ingin berpesan dan menekankan beberapa hal penting untuk para Wisudawan/wati sbb:
1.     Sejak saat ini saudara telah berhak menyandang gelar yang sebenarnya memiliki nilai tambah bagi saudara dan lingkungan saudara, untuk itu Anda semua harus dapat menempatkan diri khususnya cara berpikir harus menjadi terstruktur dan produktif hingga Anda dapat menghasilkan karya nyata bagi masyarakat sekitar.
2.     Amalkan kepandaian dan ilmu yang saudara miliki sejalan dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini penting untuk menjadi perhatian, agar saudara-saudara dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat nanti.
3.     Pada era globalisasi ini akan selalu terjadi kompetisi yang sangat ketat. Untuk itu, berkompetisilah dengan jujur dan berani. Rebutlah kemenangan dengan kekuatan sendiri, bukan dengan kekuatan orang lain atau cara lain yang tidak sehat. Memenangkan suatu kompetisi dengan kekuatan yang datang dari diri kita sendiri, kemenangan itu akan langgeng dan nikmat rasanya, berbeda dengan kemenangan yang diraih secara tidak jujur, kita akan selalu dihantui perasaan berdosa.
4.     Jaga nama baik mu, nama baik keluarga, dan nama baik almamater Universitas Pancasakti yang kita cintai dan banggakan ini. Tunjukkanlah prestasi dan dedikasi yang baik dan membanggakan sebagai alumnus Universitas Pancasakti.
5.     Jangan puas dengan gelar yang ada sekarang, tapi kembangkanlah untuk menggali dan menggali terus ilmu pengetahuan secara lebih luas dan mendalam, guna didharma bhaktikan bagi kejayaan bangsa dan negara ini.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk serta kekuatan kepada kita semua dalam upaya mencerdaskan anak-anak bangsa dengan berkarya, dan membangun bidang pendidikan yang dilandasi cipta, rasa, dan karsa untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang siap berkompetisi di era global. Cipta, rasa dan karsa merupakan kekuatan manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Cipta, rasa dan karsa merupakan bagian sistem kebudayaan kita yang tak terpisahkan dari bingkai utamanya, yaitu spiritualitas. Inilah yang melahirkan peradaban besar di masa lalu.

Akhirnya kepada para wisudawan/wati sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan Anda meraih gelar, dan selamat berkarya dalam masyarakat untuk memulai langkah pengabdian lebih lanjut. Selanjutnya saya ingatkan, hadapilah tantangan dengan kemampuan dengan keterampilan yang selalu terasah dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Semoga kebanggaan menjadi lulusan Pancasakti membawa para wisudawan/wati menjadi hamba-Nya sarat dengan maslahat.
”Jadilah alumni Pancasakti yang membanggakan dan selamat berkarya”
Sekian dan terima kasih.
Wabillahi taufik walhidayah,
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Makassar, 03 November 2012
Pengurus Yayasan Al-Aqsha Makassar
Ketua




Agshan Shahnyb

SAMBUTAN KETUA PENGURUS YAYASAN AL-AQSHA PADA ACARA WISUDA SARJANA UNIVERSITAS PANCASAKTI MAKASSAR 03 November 2012 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Imam Mukti

0 komentar:

Post a Comment