Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Wednesday, November 9, 2011

PERTARUNGAN DINASTI POLITIK DI SULSEL


Pertarungan antara Ilham Arief Sirajuddin versus Syahrul Yasin Limpo sebagai bakal calon Gubernur Sulsel periode 2013-2018, sesungguhnya merupakan pertarungan antara dua dinasti politik. Maka siapa pun yang terpilih nantinya, pemenangnya tetaplah politik dinasti.
Mengapa? Karena Ilham Arief Sirajuddin yang sudah dua periode menjabat Walikota Makassar adalah anak dari Arief Sirajuddin yang pernah menjabat Bupati Gowa, sedangkan Syahrul Yasin Limpo yang dua periode menjahat Bupati Gowa dan kini menjabat Gubernur Sulsel adalah anak dari H. Yasin Limpo yang juga pernah menjadi Bupati dan anggota DPRD Sulsel. di Sulawesi Selatan memang terbangun beberapa dinasti politik, bahkan beberapa orang yang sedang atau pernah menjabat Bupati atau walikota adalah anak-anak dari mantan Bupati atau mantan Walikota.
"Sebutlah misalnya Syahrul Yasin Limpo, Ilham Arief Sirajuddin, dan Azikin Solthan. Ayah mereka adalah mantan bupati. Dengan dernikian, ti­daklah mengherankan kalau banyak politisi, terutarna yang pernah memegang kekuasaan, yang berupaya membangun dinasti politik. Beberapa politisi di Sulsel pun kini tengah menyiapkan putra-putrinya sebagai calon pelanjut untuk merebut keku­asaan. Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo bahkan pernah secara terbuka me­ngutarakan keinginannya menjadikan putranya sebagai calon pemimpin Gowa.
"Saya kira sah-sah saja kalau saya menanam investasi politik di Gowa dan menyiapkan putra saya sebagai calon pemimpin di Gowa," demikian kurang lebih ucapan Ichsan, pada upacara peringatan HUT ke-689 Kabupaten Gowa yang dihadiri Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Abdul Razak, di Lapangan Syech Yusuf, Gowa, Rabu, 18 November 2009. ****

PERTARUNGAN DINASTI POLITIK DI SULSEL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Realitas Sosial

0 komentar:

Post a Comment