Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Saturday, November 5, 2011

Tegakkan Hukum Dan HAM di Indonesia



Dalam proses hukum di longkungan peradilan Indonesia hingga saat ini, haruslah diakui belum sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai keadilan yang hakiki. keadilan seolah-olah menjadi barang mahal yang jauh dari jangkauan masyarakat.
Oleh karena itu, dalam berbagai penanganan kasus hukum yang terjadi di tanah air.seringkali dianggap mengabaikan nilai-nilai keadilan dan ham yang semestinya dirasakan oleh masyarakat dan pencari keadilan.
Asumsi dasar itu, juga diperburuk ketiadaan komitmen politik yang kuat dari pemerintah untuk menegakkan pemerintahan berdasarkan hukum dan HAM. Dari berbagai fakta yang ada, mengungkapkan keprihatinan betapa hukum dan HAM hanya permainan politik, bukan mandat untuk menjalankan amanat konstitusi.
Suka atau tidak, penegakan hukum yang berjalan selama ini terkesan mkuat masih berkutat dalam bentuk keadilan prosedural yang sangat menekankan pada aspek regularitas dan penerapan formalitas legal semata. Padahal, penegakan pemerintahan berdasarkan hukum bukan sekedar penegakan hukum, melainkan upaya negara membangun sistem hukum yang bekerja secara berkeadilan, tanpa diskriminasi, dan menjangkau seluruh struktur politik ketatanegaraan untuk menjamin hak dasar warga negara.
Sejak reformasi, indonesia telah mengingatkan diri dengan berbagai perjanjian internasional hak asasi manusia, sampai kondisi sekarang, indonesia telah meratifikasi enam perjanjian. Perjanjian-perjanjian itu berkaitan dengan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan, anti penyiksaan dan hukuman yang tidak manusiawi, penghapusan diskriminasi rasial, pengakuan hak anak, jaminan hak ekonomi, sosial budaya, serta pengakuan atas hak sipil dan politik.

Tegakkan Hukum Dan HAM di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Realitas Sosial

0 komentar:

Post a Comment