Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Sunday, November 6, 2011

BANJIR DAN KONSEKUENSINYA


Pada saat musim penghujan, tidak jarang kita melihat penomena yang terjadi dan sangat memprihatinkan melanda sebagian besar masyarakat indonesia. Betapa tidak, dimusim penghujan sekarang ini, diberbagai daerah di seluruh wilayah indonesia terjadi banjir, hal ini menimbulkan berbagai dampak negatif bagi masyarakat yang kebetulan di daerahnya tetrjadi banjir, banjir yang terjadi selalu menimbulkan kerugian bagi masyarakat yang terkena banjir baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dampak banjir akan dialami  langsung bagi mereka yang rumah atau lingkungannya terkena banjir, jika banjir berlangsung secara lama, akan sangat merugikan karena banyak aktivitas terganggu. Segala aktifitas terasa tidak nyaman dan lingkungan pun menjadi kotor yang berdampak kurangnya pasokan air bersih bagi masyarakat, dan berbagai penyakit mudah menjangkiti warga yang terserang banjir.
Dampak Banjir seringkali mengganggu kesehatan masyarakat, karena lingkunan tidak sehat yang disebabkan oleh kotoran dan sampah yang hanyut dan mencemari lingkungan. Sampah-sampah yang terbawa air, lama kelamaan akan membusuk dan menimbulkan penyakit gatal-gatal bagi kulit, lalat yang berterbangan karena sampah membusuk dan mengakibatkan sakit perut, serta sumber air bersih tercemar sehingga mereka yang terkena banjir kesulitan air bersih dan mengkonsumsinya karena darurat sebagai penyebab diare.
Mudah-mudahan, pemerintah kita tidak tutup mata melihat realitas ini, dan selalu melakukan pencegahan sebelum datang musim hujan, sehingga meminimalisir kerugian masyarakat baik moril maupun materil yang terjadi akibat banjir yang melanda di sebagian besar daerah di seluruh wilayah indonesia....

BANJIR DAN KONSEKUENSINYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Realitas Sosial

1 komentar:

  1. terima kasih untuk artikel ini, tugas sekolah saya akhirnya selesai.....
    salam sukses selalu

    ReplyDelete