Kesejahteraan Rakyat, Antara Cita dan Realitas

Saturday, November 5, 2011

Metode Penyampaian Dakwah di Desa Kampala


Penyebaran dan pemahaman ajaran Islam terhadap masyarakat dewasa ini, disamping dilakukan melalui pendidikan formal, juga tidak sedikit jumlahnya yang melakukan dan memahami ajaran Islam melalui ceramah-ceramah atau Majelis Ta’lim. Dengan pelaksanaan ceramah atau Majelis Ta’lim sudah barang tentu keterlibatan Muballigh sangat dibutuhkan didalamnya, seperti halnya di Desa Kampala Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng, yang Masyarakatnya tergolong masih kurang dalam melakukan kegiatan dakwah.
Menyampaikan sesuatu yang ma’ruf adalah merupakan kewajiban umat Islam secara keseluruhan, dalam artian menyampaikan dakwah bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab para ulama dan tokoh agama saja.
Sejalan dengan upaya tersebut diatas, Islam adalah agama yang sarat dengan ajaran-ajaran demokrasi, kebijaksanaan dan tidak memberatkan para penganutnya melainkan sesuai dengan kemampuannya. Dengan demikian dalam menyampaikan dakwah hendaknya ditempuh dengan pendekatan-pendekatan yang bersifat persuasif.
Hal tersebut tidak dapat dipisahkan dengan metode dakwah di Desa Kampala Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng, mengingat Desa Kampala adalah bagian dari daerah Kabupaten Bantaeng yang letaknya paling  ujung, yang mana masyarakatnya masih sangat ketinggalan dalam hal  pendidikan khususnya  pendidikan agama atau yang lebih populernya masyarakat awam.
Berbicara  tentang metode penyampaian dakwah di Desa Kampala, hal ini tidak terlepas dari usaha serta aktivitas yang dilakukan masyarakat pada umumnya dan tokoh agama pada khususnya.

Metode Penyampaian Dakwah di Desa Kampala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Imam Mukti

0 komentar:

Post a Comment